SMP Islam Andalusia Kebasen Terakreditasi A!

SMP Islam Andalusia Kebasen Terakreditasi A!

Kepala SMP islam Andalusia Kebasen, Drs H Dayono MM memberikan penghargaan simbolis kepada siswa berprestasi di sela-sela rapat Komite Sekolah belum lama ini.

BANYUMAS- SMP Islam Andalusia Kebasen memasuki tahun ajaran 2017-2018 sudah terakreditasi A. Capaian membanggakan, mengingat, perolehan ini tidak dicapai semudah membalikkan telapak tangan.
“Ya. Alhamdulillah SMP Islam Andalusia sekarang sudah terakreditasi A. Istilahnya zaman sekarang, sekolah SMP Islam Andalusia wis ora ecek-ecek. Levenya sudah tinggi, karena A,” Kata Kepala Sekolah, Drs. H. Dayono MM.
Artinya status SMP Islam Andalusia punya nilai teratas. Karena A itu nilai terbaik dalam hal akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Artinya sudah memnuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Kini, SMP Islam Andalusia sudah membuktikan dan menunjukkan dengan prestasi atas kepercayaan masyarakat selama ini.
“Kalau dulu, banyak yang tanya, akreditasinya apa? Kami setelah meluluskan satu angkatan baru bisa mengajukan akreditasi. Dan Alhamdulillah, berkah SMP Islam Andalusia, pertama kali akreditasi langsung dapat A,” kata pak Dayono lagi.
Dengan demikian, SMP Islam Andalusia sudah punya kemandirian. Ujian mandiri sendiri. Orang tua saat ini tidak perlu khawatir lagi, ketika akan memasukkan anaknya ke SMP Islam Andalusia The Real Boarding School. Secara umum, meski sekolah swasta tapi stratanya sudah sama dengan Negeri terutama sesama yang terakreditasi A.
SMP Islam Andalusia, berada di bawah Yayasan Al Anwar Al Hisyamiyyah. Keberadaan KH. Zuhrul Anam Hisyam (Gus Anam) sebagai Pembina Yayasan, menurut Dayono menjadi salah satu faktor majunya sekolahan. Selain, tentu saja kekompakan semua pihak, tenaga pendidik dan kependidikan, terkhusus guru-guru muda yang energik dan kreatif serta visioner.
Atas capaian tersebut, SMP Islam Andalusia, tahun 2017 ini langsung melakukan ujian secara mandiri. Tidak itu saja, ujian yang dilakukan berbasis komputer (UNBK) secara mandiri. Dimana, tidak banyak sekolah yang bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri, apalagi swasta.
Dayono menyebut prospek positif SMP Islam Andalusia terutama terkait jumlah siswa menjadi salah satu yang mencolok. Tim penilai, melihat progress jumlah siswa yang begitu naik drastis signifikan. Dari tahun ke tahun terus menignkat.
“Tahun pertama hanya siswa 2 kelas, kemudian 3 kelas, tahun ketiga menjadi 10 kelas dan keempat 11 kelas. Lompatan peningkatannya, begitu fantastis. Nilai lain adalah ketertiban adminsitrasi dan fasilitas,” katanya.
In House Training
Tidak lama, SMP Islam Andalusia juga mengadakan in house training (IHT) menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Banyumas, Drs. Purwadi Santoso M.Hum. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan (up grading) internal untuk tenaga pendidikan dan kependidikan.
“Salah satu fokus utamanya, memang mempersiapkan aplikasi kurikulum 2013 (kurtilas). rencananya, tahun ajaran baru nanti akan menggunakan kurtilas. Tidak langsung bisa, tapi minimal internal paham dulu logikanya, penerapannya nanti sambil jalan,” kata Dayono.