Gus Anam Kunjungan ke Al Azhar dan Dubai, Perkuat Jaringan Internasional

Gus Anam Kunjungan ke Al Azhar dan Dubai, Perkuat Jaringan Internasional

Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 Andalusia

KH Zuhrul Anam Hisyam dan rombongan pimpinan lembaga Yayasan Al Anwar Al Hisyamiyyah foto bersama Wakil Grand Syaikh Al Azhar, Soolih Abbas

MESIR – Pengasuh Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 Andalusia, KH Zuhrul Anam Hisyam (Gus Anam) melakukan kunjungan ke Al Azhar, Cairo, Mesir dan Dubai. Kunjungan kelembagaan dalam ranga penjajagan kerjasama lengkap dengan seluruh pimpinan lembaga di bawah Yayasan Al Anwar Al Hisyamiyyah.

Rombongan diterima langsung Wakil Grand Syaikh Al Azhar Asy Syarif, Prof. Dr. Soolih Abbas. “Sangat bersyukur, kami bisa silaturahmi dengan Wakil Grand Syaikh Al Azhar Asy Syarif. Beliau Grand Syaikh sedang ada kunjungan ke Eropa, jadi diwakili,” kata Gus Anam.

Menantu Almaghfurlah Syaikh KH. Maimoen Zubair (Mbah Moen) tersebut menyebutkan pertemuan berlangsung hangat dan cair. Bekal 10 tahun Gus Anam di Arab Saudi menjadikan penguasaan Bahasa Arabnya bisa berkomunikasi baik. Penjajagan kerjasama adalah agenda utama Gus Anam yang saat ini memiliki lebih dari 2.000 santri tersebut.

“Permohonan kami akan langsung dipelajari. Kami meminta kerjasama, pengiriman guru Al Azhar ke Leler dan santri kami bisa menempuh pendidikan di Al Azhar. Ini semua ikhtiar kerjasama keilmuan untuk masa depan lembaga dan semua santri kami,” kata suami dari Ny. Hj. Rodliyah Ghorro MZ tersebut.

Turut dalam rombongan Ketua Yayasan, H. Sunarto Arief. Kepala SMP Islam Andalusia 1, H Dayono MM, Kepala SMA Islam Andalusia,Drs. H. Daud Buwang MPdI dan Kepala SMP Islam Andalusia 2, Wahyudin. Kepala Madrasah Diniyyah Andalusia Agus Hadidul Fahmi Lc dan Kepala Ponpes Agus Hilmy Mubarok juga turut serta dan Agus Roudlun Nadir. Ny Rodliyah Ghorro MZ dan Ny Hj Tsumanah Hisyam serta Ning Zahro Mudliah juga turut serta dalam kunjungan tersebut.

KH Zuhrul Anam Hisyam bertemu Syaikh Muhammad Nur Saif Hilal Direktur Ma’had di Dubai yang juga gurunya

Kunjungan ke Dubai

Sebelumnya, selama kurang lebih tiga hari, Gus Anam juga berkunjung ke Dubai. Silaturahmi dengan gurunya, Syaikh Prof Dr Syaikh Nur Saif yang juga Direktur Ma’had Syaikh Rashid Bin Sa’ied Al Islamy.

“Kami juga membicarakan, kelak Syaikh Nur Saif kami harap bisa menerima santri At Taujieh Al Islamy 2 Andalusia. Kami seperti mendapat energi baru, termasuk secara rohani, setelah berkunung dengan ulama-ulama Internasional Timur Tengah,” ujar Gus Anam lagi.

Kunjungan di Mesir dimanfaatkan Gus Anam dan rombongan silaturahmi dengan banyak ulama dan ziarah. Di antara yang ditemui Gus Anam adalah Syaikh Prof Dr Fathi Abdurrahman Hijazi (Gru Besar Al Azhar) dan Syaikh Jamaal Faruq Al Daqaaq (Mutakallim Agung Al Azhar). Sowan juga dengan Syaikh Najmudin Alkurdi, Mursyid Thoriqoh Naqsyabandi sekaligus guru dari Syaikh Fathi.

“Alhamdulillah juga kami bisa ziarah ke mamam Syaikh Jalaluddin Asy Syuyuti, Ibnu Hajar Al Asqolani dan lebih dari 10 ulama lainnya,” kata Gus Anam sambil menyebut nama-nama tersebut masuk kategori ulama salaf yang beberapa karyanya sudah dikaji di pesantren Indonesia.

Gus Anam juga berharap rihlah ilmiah ini menjadi pembuka jalan kerjasama dan hubungan internasional. “Makanya kami bawa seluruh rombongan supaya connect, terhubung dengan dunia intelektual intenasional,” paparnya.